Skip to main content

Mengalami Kelelahan pada Masa Kehamilan

Beberapa tugas yang terbengkalai dikarenakan anda lebih cepat lelah seperti kekurangan energi untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari. Mungkinkah kehamilan anda mengalami gangguan dan berakibat pada kesehatan janin atau kelelahan yang anda alami adalah perubahan yang umum terjadi selama kehamilan? Bagi anda yang sedang hamil merasakah kelelahan normal saja terjadi dikarenakan tubuh anda bekerja sangat keras untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuh bayi anda. Letih dan lelah yang sangat umum pada kehamilan, terutama pada beberapa bulan pertama, karena tubuh Anda menyesuaikan diri dengan kadar hormon yang berubah dengan cepat.

Berikut adalah cara mengatasi kelelahan yang berlebih untuk anda yang sedang hamil :
1.  Luangkan waktu untuk beristirahat
Jika Anda lelah segera luangkan waktu untuk beristirahat. Anda dapat mempergunakan waktu singkat anda sekedar membuat rilek bagian tubuh anda terutama kaki dan bagian pinggang. Bila memungkinkan memiliki waktu lebih dari dari tiga puluh menit anda dapat melakukan tidur siang hari.

2.  Mengkonsumsi Makanan  Sehat
Makanan sehat akan membantu Anda untuk mengurangi kelelahan. Setiap menu makan harus mencakup banyak buah, sayuran dan biji-bijian, serta beberapa protein dan susu rendah lemak. Hal ini akan memberikan kecukupan nutrisi untuk tubuh Anda. Minum banyak air mineral untuk menghindari dehidrasi. Bagi ibu hamil yang aktif bekerja kekurangan asupan cairan pada tubuh akan mengakibatkan kelelahan dan menyebabkan sakit kepala.

3.  Menjaga gula darah tetap stabil
Menjaga gula darah tetap stabil untuk menghindari hipoglikemia (gula darah rendah), yang dapat membuat Anda merasa kelelahan.Anda dapat menjaga gula darah yang stabil dengan membiasakan sarapan dan mengambil makanan kecil (cemilan sehat ). Hindari cemilan yang mengandung lemak yang tinggi karena akan membuat anda cepat lelah.

4.  Konsumsi makanan yang tinggi zat besi untuk mencegah anemia
Kelelahan pada ibu hamil bisa terjadi dikarenakan kekurangan darah (anemia). Mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi untuk mencegah zat besi untuk mencegah anemia bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi sayuran hijau tua, daging merah, blackberry dan aprikot kering merupakan sumber zat besi yang baik.

5.  Mengatur pola kerja selama kehamilan
Bila anda mengalami tekanan di tempat kerja seperti pekerjaan yang berat, menunda waktu makan anda, tidak mendapatkan udara yang segar. Kondisi ini akan mengakibatkan anda cepat lelah. Anda dapat mempertimbangkan pola kerja selama kehamilan untuk menghindari kelelahan yang berlebihan. Selain pola kerja di kantor, pekerjaan ibu rumah tangga yang mengharuskan anda  untuk menganggakat benda yang berat, bisa anda hindari terlebih dahulu.

6.  Latihan olahraga kehamilan
Bagi anda yang sedang hamil dan sering merasakan kelelahan, olahraga seperti yoga atau latihan relaksasi bisa anda lakukan. Berjalan-jalan di pagi atau sore hari bisa anda lakukan. Kelelahan bisa terjadi karena anda belum mampu beradaptasi dengan perubahan hormon selama kehamilan, sehingga menghindari olahraga selama kehamilan justru akan menyulitkan anda dalam masa persalinan.

7.  Aromaterapi untuk menghindari kelelahan selama masa kehamilan
Menikmati mandi santai dengan minyak esensial aromaterapi seperti lavender atau jeruk. Minyak lavender aman pada trimester pertama jika Anda menggunakan tidak lebih dari tiga tetes pada suatu waktu, tetapi tidak menggunakannya setiap malam. Adapula Bunga Bach seperti minyak zaitun dapat membantu Anda untuk mengatasi kelelahan Anda selama kehamilan.

Popular posts from this blog

Vitamin dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan

Kita memerlukan kombinasi sejumlah vitamin lain dan mineral untuk menjaga fertilitas. Mengkonsumsi berlebihan unsur gizi tertentu tapi kurang mengkonsumsi unsur lainnya justru merugikan fertilitas (dan kesehatan) kita lho. Dalam kondisi apa pun, pola makan dengan gizi seimbang harus tetap dipertahankan. Berikut adalah nutrisi yang bila dikonsumsi secara seimbang akan menambah kesuburan kita:  1. Vitamin E Vitamin E sangat penting bagi sistem reproduksi pria dan wanita. Bagi wanita, vitamin E menjaga sistem endokrin dan produksi hormon-hormon yang baik. Bagi pria, vitamin E mendukung produksi sperma dan hormon-hormon seks serta mencegah kerusakan DNA sperma. Sebuah riset menunjukkan bahwa kerusakan yang ekstensif pada DNA sperma dapat menyebabkan infertilitas. Kerusakan DNA tersebut terutama disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E sebagai antioksidan dapat mencegah kerusakan DNA sperma. Asupan vitamin E yang disarankan adalah 400 UI per hari. Sumber utama vitamin E adalah kecam

20 Tips Mengatasi Ngidam

Untuk calon ibu atau seorang wanita, istilah ngidam ini sudah lumrah dan sering di dengar dimana-mana saat membicarakan tentang kehamilan. Mual-mual, pusing dan muntah ketika sedang hamil merupakan gejala yang hampir dialami oleh semua wanita hamil, terutama di usia kehamilan 1-4 bulan. Dalam salah satu penelitian, bahkan disebutkan bahwa 50-70% wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah atau ngidam. Merasa mual sepanjang hari dapat dialami sebagian wanita hamil muda, ada juga yang hanya timbul ketika sore hari, sebagian lagi merasakan gejala ngidam ini jika pada malam harinya kurang tidur. Namun sebagian besar gejala ngidam biasanya timbul di pagi hari, oleh sebab itulah ia dikenal juga dengan istilah ‘morning sickness‘. Nah, walaupun biasanya gejala ini akan berkurang bahkan menghilang setelah usia kehamilan 4 bulan, ada baiknya jika kepengenhamil.blogspot.com berbagi mengenai beberapa tips untuk mengatasinya… 1. Makanlah dalam jumlah sedikit, namun sering. Semakin kosong perut

Manfaat Ibu Hamil Minum Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman menyegarkan yang membantu anda dalam menjaga tubuh terhidrasi dan tetap segar. Anda dapat menikmati minuman dingin dari air kelapa terutama di musim panas. Ada banyak manfaat yang terkait dengan minuman tropis alami ini. Hal ini dibuktikan dengan dikonsumsi di seluruh dunia dan dapat digunakan secara langsung atau dicampur dengan minuman lain. Air kelapa memiliki  nutrisi dan keseimbangan elektrolit yang sama seperti darah. Selama kehamilan, penting bagi seorang wanita untuk memasukkan makanan dan minuman sehat dan bergizi dalam diet sehari-hari. Mengkonsumsi Air kelapa selama kehamilan membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Berikut ini ada beberapa manfaat dari air kelapa muda bagi ibu hamil: 1. Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Ini membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh. Air kelapa dapat sangat mencegah dehidrasi dan kelelahan. 2. Air kelapa sangat dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tub