Skip to main content

Tips Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

Menjaga kesehatan alat reproduksi pada wanita itu sangat penting agar anda terhindar dari penyakit keputihan yang sangat mengganggu alat reproduksi anda.

Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan alat reproduksi wanita antara lain:

1. Disarankan agar kaum wanita membersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil atau air besar, sebaiknya menggunakan air yang bersih.

2. Hindari sering berlatih douching yaitu memasukkan jari atau ejakulasi ke dalam vagina dengan tujuan membersihkan bagian dalam vagina. Perbuatan ini akan menyingkirkan sejenis bakteri loctobacili dari vagina di samping mengungkapkan vagina dan bagian luar kemaluan pada bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

3. Pasangan suami istri diharuskan membersihkan alat kelamin dengan air sebelum dan setelah hubungan kelamin untuk menjamin kebersihan yang optimal. Biasakan membuang air kecil lebih kurang setengah jam setelah hubungan seks untuk mengurangi risiko infeksi pada kandung kemih.

4. Ketika haid, Anda disarankan sering mengganti pembalut terutama pada hari-hari yang banyak darah. Ini karena darah merupakan media yang paling sesuai untuk kuman berkembang biak.

5. Hindari menggunakan sabun atau menyapu shower gel pada alat kelamin karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit dan akan menjadi gatal. Beberapa wanita sensitif dan alergi pada kandungan pewangi serta buih sabun.

6. Celana dalam harus diganti setiap hari dan pada hari-hari yang mengalami keputihan, lebih baik memakai panty liner sehingga tidak menempel pada pakaian dalam yang menyebabkan ketidaknyamanan.

7. Mengkonsumsi makanan yang sehat.Mengkonsumsi berbagai makanan yang kurang sehat seperti makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak berlebih merupakan contoh makanan yang kurang baik untuk kesehatan alat reproduksi. Bahkan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat untuk jangka panjang bisa memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya pada alat reproduksi wanita ini seperti halnya kanker serviks dan berbagai jenis penyakit kelamin. Contoh makanan sehat adalah makanan yang seimbang dan tidak mengandung lemak berlebih.

Tetaplah menjaga kesehatan reproduksi anda, sebab hal ini sangat penting sebelum anda terkena penyakit yang berbahaya yang berhubungan dengan reproduksi anda. Dengan alat reproduksi yang bersih,sehat,keset dan harum sepanjang hari maka pasangan anda akan senantiasa sayang dan terkesan pada anda.Hubungan dalam rumah tangga andapun akan langgeng dan jauh dari WIL(Wanita Idaman Lain).




Popular posts from this blog

Manfaat Ibu Hamil Minum Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman menyegarkan yang membantu anda dalam menjaga tubuh terhidrasi dan tetap segar. Anda dapat menikmati minuman dingin dari air kelapa terutama di musim panas. Ada banyak manfaat yang terkait dengan minuman tropis alami ini. Hal ini dibuktikan dengan dikonsumsi di seluruh dunia dan dapat digunakan secara langsung atau dicampur dengan minuman lain. Air kelapa memiliki  nutrisi dan keseimbangan elektrolit yang sama seperti darah. Selama kehamilan, penting bagi seorang wanita untuk memasukkan makanan dan minuman sehat dan bergizi dalam diet sehari-hari. Mengkonsumsi Air kelapa selama kehamilan membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Berikut ini ada beberapa manfaat dari air kelapa muda bagi ibu hamil: 1. Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Ini membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh. Air kelapa dapat sangat mencegah dehidrasi dan kelelahan. 2. Air kelapa sangat dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tub

20 Tips Mengatasi Ngidam

Untuk calon ibu atau seorang wanita, istilah ngidam ini sudah lumrah dan sering di dengar dimana-mana saat membicarakan tentang kehamilan. Mual-mual, pusing dan muntah ketika sedang hamil merupakan gejala yang hampir dialami oleh semua wanita hamil, terutama di usia kehamilan 1-4 bulan. Dalam salah satu penelitian, bahkan disebutkan bahwa 50-70% wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah atau ngidam. Merasa mual sepanjang hari dapat dialami sebagian wanita hamil muda, ada juga yang hanya timbul ketika sore hari, sebagian lagi merasakan gejala ngidam ini jika pada malam harinya kurang tidur. Namun sebagian besar gejala ngidam biasanya timbul di pagi hari, oleh sebab itulah ia dikenal juga dengan istilah ‘morning sickness‘. Nah, walaupun biasanya gejala ini akan berkurang bahkan menghilang setelah usia kehamilan 4 bulan, ada baiknya jika kepengenhamil.blogspot.com berbagi mengenai beberapa tips untuk mengatasinya… 1. Makanlah dalam jumlah sedikit, namun sering. Semakin kosong perut

Tips Kulit Bayi Lahir Putih dan Bersih

Berbagai cara yang ibu hamil lakukan untuk memutihkan bayi yang ada dalam kandungannya, baik dari segi mitos maupun cara alami lainnya. Beberapa kalangan mempercayai bahwa dengan memberikan makanan tertentu, dapat  mempengaruhi kualitas kandungan seseorang. Telah banyak cara yang dilakukan oleh para peneliti agar kandungan ibu hamil  tetap terjaga  kebersihannya. Hasil penelitian tersebut diantaranya: Air Putih Konsumsi air putih berpengaruh terhadap tingkat kejernihan air ketuban, karena konsumsi air putih dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. sSmakin banyak konsumsi air putih, semakin jernih air ketuban. Kacang Hijau Kacang hijau memiliki kandungan protein nabati yang sangat baik untuk perkembangan kandungan. Konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu air ketuban menjadi jernih dan janin menjadi sehat. Air Kelapa Muda Dokter menganjurkan untuk meminum air kelapa disaat usia kandungan 6 bulan keatas. Air kelapa muda memiliki khasiat yang sama. Ka