Skip to main content

Hal-hal yang Dapat Memicu Terjadinya Keguguran

Hal-hal yang Dapat Memicu Terjadinya Keguguran
Setelah mengalami kehamilan,maka seyogyanya seorang wanita atau calon ibu haruslah memperhatikan kondisi kehamilannya. Hal ini sangat penting sebab apabila seorang wanita hamil mengalami keguguran,maka akibatnya akan sangat fatal dan bisa-bisa kehilangan janin yang dikandungnya.

Keguguran merupakan hal yang sangat ditakuti oleh setiap wanita hamil.Keguguran tersebut dimana terjadinya gangguan kehamilan atau kegagalan pada janin sehingga mengakibatkan keluarnya janin,plasenta dan kantung ketuban dari dalam tubuh.Masa yang rawan terjadinya keguguran adalah usia kandungan 3 bulan pertama.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat mengakibatkan terjadinya keguguran pada wanita hamil antara lain:

1. Adanya kelainan kromoson anak yang tengah berkembang. Hal ni bisa terjadi karena cacat genetika pada janin (kegagalan janin) yang disebabkan oleh masalah pada sel telur atau sperma yang membawa kelainan genetika. Lebih dari setengah keguguran disebabkan oleh hal ini. Potensi kerusakan gen ini lebih besar terjadi pada wanita yang mengandung di usia tua (lebih dari 35 tahun).


2. Gaya Hidup.Dalam hal ini kebiasaan seorang ibu sebelum kehamilan maupun selama masa kehamilan.Seperti kebiasaan merokok,mengonsumsi obat-obatan terlarang, dan penyalahgunaan alkohol, merupakan hal-hal yang dapat meningkatkan risiko keguguran pada wanita.

3. Beban kerja yang berlebih juga menjadi penyebab keguguran pada wanita hamil. Apalagi bagi Anda yang berkerja berat seperti buruh pabrik. Mengangkat beban yang terlalu berat dapat menjadi terjadinya keguguran pada wanita hamil. Untuk itu sebaiknya jika Anda dalam kondisi hamil kurangilah beban pekerjaan Anda. Jangan segan untuk meminta bantuan pada rekan kerja Anda, mereka pasti mengerti kondisi Anda.

4. Stress.Ketika stress, otak akan melepaskan beberapa hormon, salah satunya adalah Cortikotropin Releasing Hormone (CRH). Dalam penelitian terakhir, pada wanita yang melahirkan prematur, atau mengalami kegagalan janin atau gangguan kehamilan sering ditemukan CRH dengan kadar tinggi dalam aliran darah mereka. CRH adalah hormon otak yang mengeluarkan reaksi terhadap stres fisik atau emosional, yang juga diproduksi di plasenta dan rahim, hal ini akan memicu kontraksi rahim Anda.

5. Adanya penyakit yang diderita oleh wanita hamil tersebut seperti ketidakseimbangan hormonal, infeksi, diabetes, penyakit jantung, ginjal, atau hati, gangguan kekebalan tubuh, masalah rahim atau indung telur, dan lain sebagainya.

6. Olah raga yang terlalu berlebihan dapat menjadi penyebab terjadinya keguguran. Olahraga memang penting bagi kesehatan Anda selama masa kehamilan, namun olah raga yang terlalu berat saat hamil seperti voli, bersepeda, dan lain-lain yang banyak menghabiskan energi dan memiliki gerakan yang cepat bahkan melompat dapat membuat janin Anda mengalami goncangan. Bagi Anda wanita hamil, jika ingin berolah raga pilihlah olah raga yang ringan seperti jalan kaki di pagi sembari menikmati segarnya udara pagi.

7. Mengkonsumsi kopi atau cola dalam jumlah lebih dari 6 gelas per hari dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran pada kandungannya. Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan minum kopi atau cola di saat 3 bulan pertama kehamilan Anda.

Sayangilah bayi yang ada dalam kandungan anda dengan menghindari hal-hal diatas,agar bayi anda tetap sehat dan lahir dengan selamat.

Popular posts from this blog

Manfaat Ibu Hamil Minum Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman menyegarkan yang membantu anda dalam menjaga tubuh terhidrasi dan tetap segar. Anda dapat menikmati minuman dingin dari air kelapa terutama di musim panas. Ada banyak manfaat yang terkait dengan minuman tropis alami ini. Hal ini dibuktikan dengan dikonsumsi di seluruh dunia dan dapat digunakan secara langsung atau dicampur dengan minuman lain. Air kelapa memiliki  nutrisi dan keseimbangan elektrolit yang sama seperti darah. Selama kehamilan, penting bagi seorang wanita untuk memasukkan makanan dan minuman sehat dan bergizi dalam diet sehari-hari. Mengkonsumsi Air kelapa selama kehamilan membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Berikut ini ada beberapa manfaat dari air kelapa muda bagi ibu hamil: 1. Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Ini membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh. Air kelapa dapat sangat mencegah dehidrasi dan kelelahan. 2. Air kelapa sangat dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tub

20 Tips Mengatasi Ngidam

Untuk calon ibu atau seorang wanita, istilah ngidam ini sudah lumrah dan sering di dengar dimana-mana saat membicarakan tentang kehamilan. Mual-mual, pusing dan muntah ketika sedang hamil merupakan gejala yang hampir dialami oleh semua wanita hamil, terutama di usia kehamilan 1-4 bulan. Dalam salah satu penelitian, bahkan disebutkan bahwa 50-70% wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah atau ngidam. Merasa mual sepanjang hari dapat dialami sebagian wanita hamil muda, ada juga yang hanya timbul ketika sore hari, sebagian lagi merasakan gejala ngidam ini jika pada malam harinya kurang tidur. Namun sebagian besar gejala ngidam biasanya timbul di pagi hari, oleh sebab itulah ia dikenal juga dengan istilah ‘morning sickness‘. Nah, walaupun biasanya gejala ini akan berkurang bahkan menghilang setelah usia kehamilan 4 bulan, ada baiknya jika kepengenhamil.blogspot.com berbagi mengenai beberapa tips untuk mengatasinya… 1. Makanlah dalam jumlah sedikit, namun sering. Semakin kosong perut

Tips Kulit Bayi Lahir Putih dan Bersih

Berbagai cara yang ibu hamil lakukan untuk memutihkan bayi yang ada dalam kandungannya, baik dari segi mitos maupun cara alami lainnya. Beberapa kalangan mempercayai bahwa dengan memberikan makanan tertentu, dapat  mempengaruhi kualitas kandungan seseorang. Telah banyak cara yang dilakukan oleh para peneliti agar kandungan ibu hamil  tetap terjaga  kebersihannya. Hasil penelitian tersebut diantaranya: Air Putih Konsumsi air putih berpengaruh terhadap tingkat kejernihan air ketuban, karena konsumsi air putih dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. sSmakin banyak konsumsi air putih, semakin jernih air ketuban. Kacang Hijau Kacang hijau memiliki kandungan protein nabati yang sangat baik untuk perkembangan kandungan. Konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu air ketuban menjadi jernih dan janin menjadi sehat. Air Kelapa Muda Dokter menganjurkan untuk meminum air kelapa disaat usia kandungan 6 bulan keatas. Air kelapa muda memiliki khasiat yang sama. Ka