Skip to main content

Mengenal Makanan Sehari-hari Untuk Menunjang Kehamilan

Mari kita mengenal makanan sehari-hari, yang tak sadar makanan tersebut adalah salah satu penunjang kehamilan. Jangan abaikan jika Anda kebetulan belum punya momongan.
 Yogurt, susu, es krim, dan keju
Dalam kehidupan sehari-hari, kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting bagi perempuan termasuk ketika merencakan kehamilan. Ibu hamil telah cukup banyak memahami bahwa kalsium bermanfaat untuk perkembangan tulang bayi dan juga memenuhi kebutuhan kalsium tubuh mereka sendiri. Sama halnya ketika wanita berada pada masa prakonsepsi yakni untuk membantu meningkatkan kesuburan. Asupan kalsium dapat diperoleh dari makanan yang kaya akan lemak susu, misalnya yogurt, susu, es krim, dan juga keju.

Selain bermanfaat membantu memperkuat tulang, kalsium juga fungsi organ reproduksi agar lebih efisien. Meskipun kaitan antara susu dan peningkatan kesuburan masih belum difahami. Namun para ahli telah menemukan banyak manfaat dari asupan kalsium tinggi bagi kesehatan reproduksi. Seorang wanita yang sedang berencana untuk cepat hamil seharunya memenuhi kurang lebih 1000 miligram kalsium setiap harinya, atau setara dengan 8 ons gelas susu.

Karbohidrat kompleks
Beberapa tahun belakangan ini, orang-orang berusaha menghindari karbohidrat karena dianggap dapat memperbesar lingkar pinggang. Anggapan menghindari karbohidrat dengan tujuan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal adalah keliru terlebih saat wanita sedang berusaha untuk hamil. Karbohidrat tidak semuanya diciptakan sama.

Makanan yang mengandung karbohidrat semisal biji-bijian bisa membantu meningkatkan kesuburan. Berbeda dengan karbohidrat yang ditemukan dalam nasi putih maupun roti olahan. Saat anda mengkonsumsi karbohidrat hasil makanan olahan, maka kadar gula dalam darah serta inslusin meningkat sehingga mengganggu fungsi hormon reproduksi. Akibatnya, pembuahan menjadi tertunda.

Sayur dan buah-buahan berwarna cerah
Sayur dan buah-buahan merupakan sumber vitamin yang sangat tinggi untuk wanita maupun pria. Selain kaya nutrisi, vitamin, dan mineral, sayur dan buaha-buahan mengandung fitokimia dan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Bila tubuh mengandung banyak radikal bebas, maka bisa menimbulkan banyak masalah besar untuk kesehatan, termasuk juga gangguan pada hormon reproduksi. Tidak hanya itu, sayur dan buah juga dapat mengilangkan toksin yang dapat menghambat pembuahan.
Hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih sayur dan juga buah-buahan adalah yang berwarna cerah sebanyak mungkin.

Aturan umumnya, semakin cerah warnanya, maka lebih banyak kandungan vitamin di dalam sayur dan buah-buahan tersebut. Buah berries misalnya, bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan serta mencegah penuaan sel. Buah berry tidak hanyak memberi manfaat secara keseluruhan untuk tubuh anda, secara khusus berpengaruh langsung dengan sel telur di dalam saluran reproduksi. Hindari berbagai jenis sayur maupun buah kalengan yang mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan.

Daging ayam
Daging ayam mengandung zat besi dan juga protein yang sangat tinggi. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh wanita yang merencanakan kehamilan maupun setelah kehamilan diperoleh. Meski zat besi dan protein juga dapat diperoleh dari produk non hewani. Namun, ada perbedaan antara proten hewani terhadap peningkatan kesuburan. Sebuah penelitian menunjukkan, wanita lebih punya kemungkinan untuk mandul jika kekurangan zat besi dibanding mereka yang tercukupi kebutuhan zat besinya.

Tepapi tidak berarti jika semua kebutuhan protein anda mesti berasal dari daging hewan tanpa lemak, hal ini bertujuan untuk mengkonsumisnya paling tidak satu porsi per hari saja. Pastikan untuk memilih daging ayam yang diproses dengan cara yang sehat, seperti dengan dipanggang. Hindari daging ayam yang digoreng atau proses lain sehingga mengandung lemak tinggi.

Telur
Telur kaya akan nutrisi dan vitamin penting seperti kolin dan protein. Banyak orang yang tidak percaya setelah mengetahui bahwa telur adalah makanan ampuh secara dramatis mampu meningkatkan kesehatan orgran reproduksi.

Kolin sangat dibutuhkan baik sebelum kehamilan dan saat kehamilan, karena manfaatnya yang dapat membuat tubuh mampu menyerap asam folat. Sementara asam folat adalan vitamin kunci selama prakonsepsi dan awal kehamilan, yaitu untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Konsumsi 1 butir telur saja perharinya, akan meningkatkan kadar kolin yang memadai untuk menyerap asam folat 2 kali lipat.

Sayuran berdaun hijau
Selain antioksidan yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau misalnya kangkung dan bayam. Sayuran pun kaya akan zat besi. Seperti telah diketahui, bahwa zat besi penting untuk mempertahankan agar siklus haid tetap lancar. Kebanyakan wanita yang siklus haidnya tidak teratur cenderung diakibatkan oleh kurangnya asupan zat besi. Oleh karena itu, Memasukkan sayur-sayuran berdaun hijau ke dalam menu sehari-hari anda dapat membantu meningkatkan kadar zat besi anda bahkan dalam sebulan secara signifikan.

Biji-bijian dan kacang-kacangan.
Biji-bijian dan kacang-kacangan lebih lambat untuk dicerna oleh tubuh, sehingga mengatur kadar insulin dan meningkatkan ovulasi. Selain itu, biji-bijian dan kacang-kacangan juga mengandung omega 3, asam lemak yang punya efek langsung terhadap level hormon seseorang. Biji-bijian dan kacang-kacangan mampu mengilangkan radikal bebas karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Dengan demikian kekebalan tubuh semakin meningkat dan mengurangi resiko tubuh wanita untuk menyerang sel sperma pria.

Minyak Zaitun.
Telah disebutkan di atas, Ogema3 dipercaya berefek sangat besar bagi peningkatan kesuburan. Biasanya Omega3 ini ditemukan dalam minyak zaitun. Penelitian menunjukkan bahwa asupan Omega 3 yang cukup benar-benar mampu meningkatkan kualitas sel telur maupun sel sperma. Sehingga ini menjadi bagian cukup penting untuk diet kesuburan yang anda jalani saat berusaha untuk memperoleh kehamilan.

Popular posts from this blog

20 Tips Mengatasi Ngidam

Untuk calon ibu atau seorang wanita, istilah ngidam ini sudah lumrah dan sering di dengar dimana-mana saat membicarakan tentang kehamilan. Mual-mual, pusing dan muntah ketika sedang hamil merupakan gejala yang hampir dialami oleh semua wanita hamil, terutama di usia kehamilan 1-4 bulan. Dalam salah satu penelitian, bahkan disebutkan bahwa 50-70% wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah atau ngidam. Merasa mual sepanjang hari dapat dialami sebagian wanita hamil muda, ada juga yang hanya timbul ketika sore hari, sebagian lagi merasakan gejala ngidam ini jika pada malam harinya kurang tidur. Namun sebagian besar gejala ngidam biasanya timbul di pagi hari, oleh sebab itulah ia dikenal juga dengan istilah ‘morning sickness‘. Nah, walaupun biasanya gejala ini akan berkurang bahkan menghilang setelah usia kehamilan 4 bulan, ada baiknya jika kepengenhamil.blogspot.com berbagi mengenai beberapa tips untuk mengatasinya… 1. Makanlah dalam jumlah sedikit, namun sering. Semakin kosong perut

Manfaat Ibu Hamil Minum Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman menyegarkan yang membantu anda dalam menjaga tubuh terhidrasi dan tetap segar. Anda dapat menikmati minuman dingin dari air kelapa terutama di musim panas. Ada banyak manfaat yang terkait dengan minuman tropis alami ini. Hal ini dibuktikan dengan dikonsumsi di seluruh dunia dan dapat digunakan secara langsung atau dicampur dengan minuman lain. Air kelapa memiliki  nutrisi dan keseimbangan elektrolit yang sama seperti darah. Selama kehamilan, penting bagi seorang wanita untuk memasukkan makanan dan minuman sehat dan bergizi dalam diet sehari-hari. Mengkonsumsi Air kelapa selama kehamilan membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Berikut ini ada beberapa manfaat dari air kelapa muda bagi ibu hamil: 1. Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Ini membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh. Air kelapa dapat sangat mencegah dehidrasi dan kelelahan. 2. Air kelapa sangat dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tub

Tips Menghilangkan Bekas Garukan di Perut

Kepengen Hamil - Menghilangkan bekas luka atau bekas garutan saat hamil tidak susah kok bunda, kami punya banyak trik untuk menghilangkannya, bisa dengan berbagai cara dan cara mengatasinya pun cukup mudah. Nah baca terus yah bunda saya akan menuliskan sesuai dengan yang pernah saya alami. Untuk Pencegahan Dari hamil bulan ketiga hingga ke sembilan, rutinlah memberikan baby oil atau minyak di perut yang semakin hari semakin membuncit. Selain itu lakukan trik olahraga di pagi hari agar udara yang bunda hirup adalah udara segar dapat mententramkan pikiran dan juga janin kita. Pada saat perut kita gatal karena rambut si dede, janganlah menggaruk berlebihan hingga berbekas, berikan baby oil dan tahan, disinilah peran bunda untuk sabar. Lebih banyak bersabar bayi kita pun ikut sabar bun... amin. Cara Menghilangkan stretch Marks atau bekas garutan waktu hamil bisa dengan cara berikut. Pakai ampas kopi lebih mudah ditemukan bahannya, lebih cepat memudarkan dan tidak mengandung bahan kimia.