Skip to main content

Cara Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Sebenarnya setiap wanita akan memiliki pengalaman yang berbeda, jadi sulit untuk memberikan satu jawaban yang sama. Tetapi proses melahirkan itu tidak menyakitkan, hanya momen saat kontraksi nya saja yang bisa sedikit membuat rasa nyeri, setelah itu semuanya mudah, termasuk ketika mendorong bayi keluar. Namun jangan biarkan rasa takut itu menghentikan anda untuk menikmati momen berharga ini.
Mungkin anda pernah bertanya Bagaimana sih cara untuk melahirkan normal dan tanpa rasa sakit?
Setiap wanita melahirkan relatif sakit, namun untuk mengurangi rasa sakit itu dapat di atasi.

Ada beberapa cara yang anda bisa lakukan dan informasi ini sebenarnya tidak hanya penting diketahui oleh ibu hamil, tetapi juga untuk suami dan orang terdekat yang akan membantu anda nantinya. Menyambut kedatangan anak pertama, memang membuat sebagian ibu merasa was was karena belum pernah melahirkan sebelumnya.

Jika ada saran dari dokter pribadi anda, sebaiknya diikuti agar bisa memudahkan proses persalinan nantinya. Dibawah ini juga ada beberapa tips yang bisa anda coba dan mudah mudahan bisa membantu anda untuk bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit:

Siapkan “ruang luncur” untuk bayi
Hal yang harus Anda ketahui pertama adalah bagaimana keadaan bayi sesaat sebelum kelahiran. Bayi yang berada dalam posisi sedikit miring, kepala ke bawah, akan mempermudah persalinan.
Anda dapat memulai latihan senam ketika bayi dirahim sudah berusia 34 bulan. Caranya adalah, berlutut di lantai atau posisi sedikit condong ke belakang dan bersandarlah pada bola fitness atau kursi sehingga lutut lebih rendah dari bokong sehingga bayi mengarah turun.

Tetap Sehat
Proses melahirkan akan akan berlangsung mudah dan cepat jika kondisi sang ibu sehat dan bugar. Bagaimana caranya, Anda harus makan makanan bergizi seimbang, minum susu, suplemen dari dokter, istirahat cukup, dan banyak bergerak. Anda juga sebaiknya tahu bahwa melahirkan itu membutuhkan kekuatan push/dorong. Jika tidak, Anda tidak akan dapat mendorong bayi untuk keluar.

Pijat
Lakukan pijat perineum sejak kehamilan memasuki minggu ke-34. Pijat dilakukan di antara vagina dan daerah rektum agar daerah tersebut lebih fleksibel, siap untuk membuka dan meregang, dan untuk mengurangi dampak robekan saat setelah melahirkan. Lakukan pijatan sebelum mandi dengan minyak pijat.

Tetap Aktif Ketika Kontraksi
Rasa sakit ketika konstraksi biasanya membuat ibu menjadi malas-malasan dan selalu tidur. Hal ini tidak disarankan. Ibu hendaklah untuk tetap aktif secara fisik atau berjalan-jalan ketika kontraksi berhenti dan beristirahat ketika kontraksi terjadi.

Jaga posisi tubuh selalu tegak untuk mempercepat pembukaan dan membuat bayi turun dengan lancar.

Teh Raspberry
Teh Raspberry diyakini membantu mempersiapkan rahim sebelum proses melahirkan. Anda harus mencobanya sejak kandungan berusia 36 minggu.
Minum hingga 4 cangkir teh raspberry tiap harinya. Teh ini juga tersedia dalam bentuk tablet.

Posisi Jongkok
Posisi jongkok ini layak untuk dicoba selama persalinan. Selain jongkok, Ibu juga dapat mencoba posisi seperti bersujud dengan kepala dialasi dengan bantal. Posisi ini akan mempercepat pengeluaran bayi ke dalam serviks. Cara diatas akan membuat proses melahirkan anda berlangsung normal dan tanpa rasa sakit yang berarti.

Semoga semua tips diatas berguna untuk ibu-ibu sekalian, selalu berdoa agar persalinan anda berjalan lancar dan anda bayi anda diberi kesehatan.

Popular posts from this blog

Tips Mengurangi rasa Sakit Detik-Detik Melahirkan

Perjuangan super saat akan melahirkan seorang bayi dari rahim ibu. Melahirkan normal adalah proses yang cukup matang dan tak dapat diucapkan dengan kata-kata.

Dengan menjalani melahirkan normal, salah satunya menandakan bahwa kehamilan yang telah dikandung, atau janin serta ibunya mengalami kesehatan yang baik. Pengalaman menjadi seorang ibu terasa sempurna tatkala merasakan bagaimana perjuangan berat yang harus di lalui saat melewati proses persalinan normal. Namun dibalik semua itu, banyak ibu hamil merasakan kekhawatiran atau ketakutan menjelang melahirkan.

Wajar adanya, karena proses melahirkan merupakan sebuah proses besar yang harus dilalui oleh para ibu hamil. Tenaga, pikiran hingga mental ibu dikerahkan guna melalui proses melahirkan dengan selamat. Salah satu faktor yang menyebabkan rasa khawatir atau takut ketika akan menghadapi proses persalinan, adalah bayangan rasa sakit yang akan menimpa para ibu hamil tatkala menjalani proses melahirkan normal. Tidak bisa dipungkiri, mem…

Manfaat Kacang Ijo Buat Anak Bayi

Siapa yang tidak mengenal kacang hijau (Phaseolus Aureus). Salah satu jenis polong-polongan yang mengandung protein nabati cukup tinggi dan menjadi salah satu sumber mineral penting bagi tubuh. Selain bisa diolah menjadi berbagai makanan, ibu hamil pun bisa mendapatkan berbagai manfaat kacang hijau.

Selama ini yang kita tahu, kacang hijau adalah makanan bergizi yang sedap dimakan setelah dijadikan bubur kacang hijau atau kue-kue.Namun ternyata kacang ijo pun banyak  khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Adapun manfaat kacang ijo buat anak bayi antara lain:

1. Biang keringat anak-anak
Anak-anak yang terkena biang keringat sering rewel, wajar karena merasa gatal. Coba resep kacang hijau ini. Rebus 60 gram kacang hijau yang sudah dijadikan bubuk dulu, lalu tambahkan 50 gram tanaman krokot, rebus dengan air secukupnya. Setelah matang, saring, lalu minumkan 3 kali sehari.

2. Bayi demam
Berikan 1 gelas air rebusan kacang hijau ditambah 1 sendok makan madu untuk bayi yang terserang dem…

Tips Mengencangkan Payudara Setelah Berhenti Menyusui

Setelah menyusui dalam jangka waktu yang cukup,kini sudah saatnya untuk menyapih si kecil.Periode menyapih ini bergantung pada ibu,namun umumnya terjadi saat bayi menginjak 18 hingga 24 bulan.Ketika menyapih,ada beberapa hal pada tubuh anda yang terjadi sebagai efek samping ketika menyapih sikecil.

Jika kelenjar susu sudah tidak aktif lagi, maka kondisinya akan mengecil/kempis seperti semula, namun permasalahan yang lain adalah jaringan lemak yang saat hamil hilang, biasanya tidak kembali!

Jaring pembungkus yang tadinya kencang akan melar seiring pertambahan ukuran dan berat payudara saat menyusui. Kondisi melar ini juga tidak kembali saat masa menyusui berhenti.

Nah, itulah yang menyebabkan kenapa payudara setelah melahirkan dn menyusui menjadi tidak seindah dulu, kempis, kendur, turun, dsb.

Berikut ini ada beberapa tips mengencangkan payudara setelah berhenti menyusui:

1. Suplemen.

Suplemen pengencang payudara dapat berbentuk ramuan alami atau kimiawi berbentuk pil, tablet, permen atau …