Skip to main content

Tips Agar Anak Tidak Ngompol

Cara Agar Anak Tidak Ngompol. Kebanyakan anak kecil pasti sering ngompol saat tertidur dan bahkan sudah berumur lima sampau tujuh tahun pun ia masih sering ngompol. Jika tiap malam dia selalu ngompol pasti anda sebagai ibunya pasti repot harus selalu mencuci serpai dan menjemur kasur yang dibuat tidur anak anda.

Berikut ini saya mempunyai tips agar anak tidak ngompol lagi, tips berikut ini cukup sederhana untuk anda ajarkan kepada anak anda agar ia tidak ngompol lagi. Berikut ini adalah tips agar anak tidak ngompol.

Sebelum tidur ajak anak buang air kecil terlebih dahulu.

Bangunkan anak setelah tidur pada malam hari untuk buang air kecil. Jika jam tidur anak delapan jam, bangunkan anak 4 jam setelah tidur.

Kurangi minum soda. Soda mengandung bahan perangsang metabolisme yang memicu anak berkemih.

Berikan konsekuensi pada anak yang suka mengompol. Ajak anak mencuci bekas ompol, angkat seprai, dan celana bekas ompol. Harus ada kesadaran bahwa ada konsekuensi kalau anak mengompol.

Gunakan alarm anti mengompol. Misalnya, pada jam tertentu ajarkan anak buang air di kamar mandi. Untuk anak yang agak besar akan mengerti, tetapi untuk anak yang kecil tentu sangat menantang. Mereka harus selalu diingatkan.

Orang tua harus mau capai mengingatkan anaknya untuk buang air kecil di kamar mandi setiap satu jam atau satu jam setengah pada siang hari. Pada malam hari, orang tua harus rajin bangun untuk mengingatkan anak buang air kecil. Ini akan membuat anak tidak malas buang air kecil.

Orang tua juga harus peka, pantau anak yang sudah mulai gelisah ketika hendak buang air kecil. Saat itu segera bawa anak ke kamar mandi.

Harus ada kerja sama dan bagi tugas antara suami dan istri.

Jangan biarkan anak buang air kecil di kasur atau di celana dengan memberikan anak popok.

Batasi Asupan Cairan Anak di Malam Hari Sebagian besar asupan air anak Anda harus di siang hari. Selama makan malam, batasi asupan airnya. Biarkan dia minum hanya ketika ia haus.

Sajikan Makan Malam Kaya Serat Bukan Kadar Air Tinggi Sajikan makan malam kaya serat semisal gandum saat makan malam, dan sebaliknya jangan biarkan dia makan mentimun misalnya yang tinggi kadar air agar malam tak mengompol.
Pasalnya, kandungan air yang tinggi membuat dia ingin buang air kecil saat pada malam hari di dalam perutnya sedang mencerna makanan. Ketika bangun di pagi hari, barulah berikan ia setidaknya segelas air putih untuk melancarkan pencernaannya.

Kurangi Minuman Berkafein Kafein merangsang kandung kemih, yang membuat anak Anda ingin buang air kecil lebih sering. Minuman berkafein yang biasa dikonsumsi anak adalah soda, cokelat dan teh.

Ajari Anak Mengontrol Kandung Kemihnya Ajarkan anak Anda untuk mengontrol kandung kemihnya di siang hari. Hal ini berguna untuk membantunya memperkuat otot-otot kandung kemihnya. Ketika ia memiliki dorongan untuk buang air kecil, mengajarinya untuk menahannya sekitar selama satu menit.
Namun, jangan sampai jadi Anda biarkan dia menahan pipi dalam waktu cukup lama, karena hal tresbeut justru bisa jadi mengakibatkan infeksi.

Biasakan Buang Air Kecil Sebelum Tidur Sebelum ia terselip di antara selimutnya, pastikan anak Anda sudah pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil sebelumnya. Bahkan jika ia tidak merasakan adanya dorongan untuk buang kecil.
Mendorongnya untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya adalah hal bagus agar tak mengompol.

Ajak Anak Sharing Agar Tak Stres Menyimpan Keluhan Bicaralah dengan anak Anda tentang segala situasi stres yang mungkin mempengaruhi dia. Jika anak Anda biasanya tidak suka mengompol, kemudian tiba-tiba mulai mengompol, mungkin menjadi tanda stres atau kecemasan. Yakinkan anak Anda, bahwa ia selalu dicintai dan dipenuhi kasih sayang agar selalu merasa aman dan nyaman.

Pujilah Anak Anda Ketika Sudah Tidak Mengompol Lagi Jika Anda telah mengalami masalah dengan mengompol dan anak Anda berhasil tetap kering hingga pagi, pujilah dia dan memberinya kepastian bahwa dia bisa tetap kering setiap pagi.

Bawa ke Dokter, Jika Mengeluh Sakit Saat Buang Air Kecil Jika anak Anda mengeluh sakit saat buang air kecil, Anda harus membawanya ke dokter segera. Mungkin ada infeksi yang menyebabkan mengompol. Anda pun harus selalu bersabar. pasalnya, tak ada satu pun termasuk anak Anda yang berencana untuk mengompol, bukan? jangan pernah Anda mencaci maki anak Anda karena itu hanya akan membuatnya tertekan dan malu. Sebaliknya, ambillah tindakan solusi agar kasus itu tidak terjadi lagi.

Popular posts from this blog

Vitamin dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan

Kita memerlukan kombinasi sejumlah vitamin lain dan mineral untuk menjaga fertilitas. Mengkonsumsi berlebihan unsur gizi tertentu tapi kurang mengkonsumsi unsur lainnya justru merugikan fertilitas (dan kesehatan) kita lho. Dalam kondisi apa pun, pola makan dengan gizi seimbang harus tetap dipertahankan. Berikut adalah nutrisi yang bila dikonsumsi secara seimbang akan menambah kesuburan kita:  1. Vitamin E Vitamin E sangat penting bagi sistem reproduksi pria dan wanita. Bagi wanita, vitamin E menjaga sistem endokrin dan produksi hormon-hormon yang baik. Bagi pria, vitamin E mendukung produksi sperma dan hormon-hormon seks serta mencegah kerusakan DNA sperma. Sebuah riset menunjukkan bahwa kerusakan yang ekstensif pada DNA sperma dapat menyebabkan infertilitas. Kerusakan DNA tersebut terutama disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E sebagai antioksidan dapat mencegah kerusakan DNA sperma. Asupan vitamin E yang disarankan adalah 400 UI per hari. Sumber utama vitamin E adalah kecam

20 Tips Mengatasi Ngidam

Untuk calon ibu atau seorang wanita, istilah ngidam ini sudah lumrah dan sering di dengar dimana-mana saat membicarakan tentang kehamilan. Mual-mual, pusing dan muntah ketika sedang hamil merupakan gejala yang hampir dialami oleh semua wanita hamil, terutama di usia kehamilan 1-4 bulan. Dalam salah satu penelitian, bahkan disebutkan bahwa 50-70% wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah atau ngidam. Merasa mual sepanjang hari dapat dialami sebagian wanita hamil muda, ada juga yang hanya timbul ketika sore hari, sebagian lagi merasakan gejala ngidam ini jika pada malam harinya kurang tidur. Namun sebagian besar gejala ngidam biasanya timbul di pagi hari, oleh sebab itulah ia dikenal juga dengan istilah ‘morning sickness‘. Nah, walaupun biasanya gejala ini akan berkurang bahkan menghilang setelah usia kehamilan 4 bulan, ada baiknya jika kepengenhamil.blogspot.com berbagi mengenai beberapa tips untuk mengatasinya… 1. Makanlah dalam jumlah sedikit, namun sering. Semakin kosong perut

Manfaat Ibu Hamil Minum Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman menyegarkan yang membantu anda dalam menjaga tubuh terhidrasi dan tetap segar. Anda dapat menikmati minuman dingin dari air kelapa terutama di musim panas. Ada banyak manfaat yang terkait dengan minuman tropis alami ini. Hal ini dibuktikan dengan dikonsumsi di seluruh dunia dan dapat digunakan secara langsung atau dicampur dengan minuman lain. Air kelapa memiliki  nutrisi dan keseimbangan elektrolit yang sama seperti darah. Selama kehamilan, penting bagi seorang wanita untuk memasukkan makanan dan minuman sehat dan bergizi dalam diet sehari-hari. Mengkonsumsi Air kelapa selama kehamilan membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Berikut ini ada beberapa manfaat dari air kelapa muda bagi ibu hamil: 1. Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Ini membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh. Air kelapa dapat sangat mencegah dehidrasi dan kelelahan. 2. Air kelapa sangat dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tub